Perusahaan merupakan tempat terjadinya kegiatan
produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang
terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar
di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha
ini adalah status dari perusahaan yang terdaftar di pemerintah secara resmi. Dalam
menjalankan kegiatan usaha, diperlukan prinsip tata kelola perusahaan yang baik
dan benar. Sehingga tercipta perusahaan yang baik dan dapat meningkatkan
kinerja perusahaan dan nilai ekonomi jangka panjang bagi para investor dan
pemangku kepentingan. Berikut beberapa prinsip tata kelola perusahaan yang
baik:
1. Transparency / Transparansi
Transparansi adalah keterbukaan informasi yang
cukup, akurat, dan tepat waktu kepada para pemangku kepentingan (stakeholder).
2.Accountability / Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah kejelasan fungsi ,
pelaksanaan, dan pertanggung jawaban perusahaan sehingga pengelolaan terlaksana
dengan efektif. Prinsip akuntabilitas memberi kejelasan hak dan kewajiban
antara pemegang saham, dewan direksi, dan dewan komisaris.
3. Responsibility / Pertanggungjawaban
Pertanggungjawaban adalah kesesuaian
pengelolaan perusahaan terhadap peraturan dan prinsip korporasi yang sehat.
Contoh dari prinsip pertanggungjawaban adalah keselamatan pekerja, kesehatan
pekerja, pajak., dan sebagainya,
4. Independency / Kemandirian
Kemandirian adalah pengelolaan perusahaan
secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh dari pihak manapun
yang tidak sesuai dengan undang-undang serta prinsip korporasi yang sehat.
5. Fairness / Kewajaran
Kewajaran adalah keadilan dan kesetaraan dalam
memenuhi hak pemangku kepentingan (stakeholder) yang timbul berdasar
perjanjian dan peraturan undang - undang.
Sedangkan ciri- ciri
perusahaan yang baik adalah:
a. Memiliki
tujuan dan visi yang jelas
b. Memiliki
struktur organisasi yang baik
c. Pemimpin
dapat memberikan contoh baik
d. Memberikan
layanan pelanggan terbaik
e. Karyawan
sangat terlibat
Lapak Mandor dan Fajar
Sanubari Travel merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang IT. Lapak
Mandor merupakan perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan mandor dan tukang. Sedangkan
Fajar Sanubari Travel merupakan perusahaan yang menyediakan layanan untuk
travel serta pembelian tiket dengan harga yang lebih murah. Berikut merupakan
perbandingan antara Lapak Mandor dengan Fajar Sanubari Travel.
1.
Struktur organisasi yang berbeda, pada
Fajar Sanubari Travel jabatan tertinggi adalah BOD dan terdapat cooperator yang
digambarkan secara rinci dengan menggunakan pohon struktur organisasi yang
tidak dimiliki dari perusahaan Lapak Mandor.
2.
Pada Lapak Mandor memiliki ide
perusahaan yang kreatif dan unik, karena jarang ditemui perusahaan yang memiliki
jasa untuk menyediakan tukang. Sedangkan layanan pada Fajar Sanubari Travel sudah
sering ditemukan.
3.
Pada Fajar Sanubari Travel telah
memiliki lebih dari 1 produk yang telah dipasarkan, yaitu terdapat maps dan
aplikasi pembayaran untuk travelnya.
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Tata_kelola_perusahaan_yang_baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar